Laman

Sabtu, 11 Februari 2012

WUJUDKAN MIMPI KELUARGAMU DI TAHUN 2012 !!!


Add caption

Oleh dr.AmirZuhdi
Beberapa hari menjelang perpisahan tahun 2011 ke 2012, siang itu aku sengaja jalan-jalan di beberapa lokasi di sudut kota Manado, ke jalan roda, ke terminal Malalayang, ke pelabuhan Manado. Juga tidak melewatkan “acara” nongkrong bareng dengan keluarga pasien yang sedang menunggu ayahnya, ibunya atau anaknya yang sedang berbaring dirawat di rumah sakit kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara, RSU Prof.Kandow. Aku buat diskusi kecil-kecilan mengenai “mimpi-mimpi” yang ada dalam keluarganya yang boleh jadi akan di wujudkan di tahun 2012 ini. Diluar dugaanku, kebanyakan mereka (maaf) “bengong” seperti kebingungan ketika aku ajak berbicara tentang mimpi dirinya atau mimpi keluarganya. O…ternyata aku yang salah he..he.., bagi sahabat-sahabat ku yang hebat itu, memahami mimpi ya seperti mimpi ketika tidur. Baiklah, yang aku maksudkan mimpi itu adalah MIMPI atau CITA-CITA.
Dari “nongkrong bareng” itu aku menyimpulkan bahwa kebanyakan sahabatku itu belum memiliki MIMPI yang jelas, ada MIMPI tapi masih belum “matang”, ada juga MIMPI yang tidak kuat atau masih ikut-ikutan sehingga MIMPInya tidak bisa menjadi alat pendorong untuk mencapai tujuan hidupnya.
            Kepada para sahabatku itu yang berbahagia, aku beri tips untuk mewujudkan MIMPI-MIMPI itu:
Pertama, MIMPI yang baik harus bisa menjawab “apa yang sungguh-sungguh kau inginkan dalam hidupmu khususnya di tahun 2012 ini?”. Untuk menjawab pertanyaan itu, sahabat harus menanyakan pada Nurani. Kalau muncul jawaban yang beraneka ragam maka tulislah jawaban semuanya, lalu pilih dan urutkan jawaban mulai yang bisa menimbulkan dorongan kuat di benak sahabat sampai yang paling kurang kuat dorongannya. Yakinlah, sahabat dapat melakukannya, nggak usah malu untuk membuatnya, toh tidak ada biaya yang dikeluarkan oleh sahabat ketika menjawab sebuah impian.
Kedua, Tetapkan MIMPI itu bersama suami-istri atau boleh juga libatkan anak kita yang sudah dewasa. Jangan putuskan sendiri-sendiri…ya, nanti jadi tidak kompak dan energinya tidak menyatu. Membuat konsep dan menetapkan MIMPI sebaiknya dilakukan di awal pernikahan kita, agar perjalanan “bahtera” keluarga semakin jelas tujuannya. Meskipun demikian, bila MIMPI keluarga kita belum terkonsep dengan baik_sekaranglah waktu yang tepat!
Ketiga, Sahabat harus mengumpulkan berbagai Informasi(*Dahla Iskan) yang berhubungan (secara langsung maupun tidak langsung) dengan MIMPI yang telah sahabat tetapkan. Akan lebih baik bila apa yang sahabat MIMPI kan itu sudah pernah orang lain lakukan dan berhasil atau sudah ada Modelnya. Sahabat bisa belajar sama orang tersebut. Mencontoh 100%? Boleh, karena mencontoh bukan perbuatan haram. Dan Tuhan pun juga telah menciptakan perangkat (sel saraf) di otak kita, bernama Neuron Cermin yang berfungsi untuk meng-copy paste. Bila di modifikasi sedikit-sedikit, juga bagus. Lakukan ATM,…Amati…Tirulah, yang kurang baik bisa disingkirkan dulu dan yang baik di pakai, kemudian lakukanlah Modifikasi, gimana…asyik khan.
Keempat, Lakukan upaya yang terus menerus dan terus bergerak mendekati kearah MIMPI hingga ia tercapai. Jangan pernah putus asa…ya. Tidak ada kata gagal dalam “kamus” kehidupannya bagi mereka yang akan meraih MIMPI indahnya. Bagi mereka, yang ada hanya upaya yang semakin hari semakin dekat dengan apa yang menjadi MIMPInya. Coba sahabat renungkan, bila sahabat harus mencapai MIMPI itu dalam 1000 langkah kehidupan dan saat langkah ke 600 ada sebuah rintangan yang menghalanginya dan boleh jadi sahabat akan berhenti lankahnya. Pertanyaannya, apakah langkah ke 600 itu sebuah kegagalan? Apa yang harus sahabat lakukan bila langkah ke 600 terjadi musibah? Apakah harus berhenti? Berhenti sejenak atau berhenti selamanya atau malah balik arah? Boleh jadi, bagi peraih MIMPI ia akan berhenti sejenak menghitung langkahnya yang sekarang tinggal 400 langkah lagi untuk menggapai MIMPInya. Ia lihat seluruh sumber daya yang masih ia miliki. Sumber daya yang mengganggu dan merusak akan di singkirkan, sumber daya yang belum bermanfaat akan disimpannya dan sumber daya yang mendukung dan masih bermanfaat akan dioptimalkan.
Kelima, Tingkatkan Kemampuan. Meningkatkan kemampuan diri sendiri dan seluruh sumber dayanya akan meningkatkan daya dorong, daya tarik usaha kita untuk meraih MIMPI itu. Hem,…bukan hanya itu, ia juga akan meningkatkan percepatan yang sangat hebat sehingga sahabat dapat meraih MIMPI dengan cepat dan berkwalitas.
Sahabat, bila kelima hal diatas anda lakukan terus menerus, fokus, sadar adanya resiko tapi tidak takut adanya resiko, iringi dengan do’a pada NYA seraya memohon bimbingan atas KuasaNYA. Insyaallah, berhasil. Saya sudah mencobanya dan sekarang sedang menjalankan MIMPI yang lainnya.
Bagaimana dengan sahabatku?

Twitter               :@amirzuhdi
Facebook         : http://www.facebook.com/dr.amir.zuhdi
Email               : dr.amir_zuhdi@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar