Laman

Kamis, 03 Mei 2012

THE POWER OF GOLDEN FAMILY” dr.Amir Zuhdi (Pendiri IGF_Indonesian Golden Family)

PENGANTAR
Survei negara-negara maju tahun 1980-an. Anak-anak sekarang tumbuh dalam kesepian dan depresi, mudah marah, lebih sulit diatur, lebih gugup dan cenderung cemas, impulsif dan agresif. Seperti yang dikatakan oleh Shandel bahwa bahaya terbesar yang dihadapi umat manusia pada zaman sekarang bukanlah ledakan bom atom, tetapi perubahan fitrah. Unsur kemanusiaan dalam diri manusialah yang sebenarnya sedang mengalami kehancuran sedemikian cepat, hingga yang tercipta sekarang ini adalah ras-ras non manusia_”mesin” berbentuk manusia yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.
Disisi yang lain, pendidikan didalam keluarga masih sangat rendah, kebanyakan diserahkan pada hasil sekolah, yang masih mengandalkan IQ sebagai parameter keberhasilan. Namun muncul berbagai permasalahan pada anak-anak, yang dibawanya hingga mereka berkeluarga, seperti masalah komitmen, integritas, semangat, kreativitas, inovasi dan konsistensi, kemampuan berkomunikasi lisan, kemampuan mendengar, kerja-sama, adaptasi dan ketahanan mental terhadap kegagalan.
Di era modern saat ini, keluarga berkeemasan (golden family) telah menjadi bagian kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Sebenarnya tidak ada kata sulit untuk mewujudkannya. Pedoman “buku” kehidupan yang telah diberikan Tuhan dan dicontohkan oleh para Utusan Tuhan dalam menjalani kehidupan keluarganya telah terbukti kebenarannya. Keluarga berkeemasan (golden family) itu bernama Keluarga Sakinah yakni sebuah tatanan keluarga yang berisikan dengan nilai-niai Ilahiyah, yang menjadikan kehidupan keluarga dipenuhi suasana kedamaian, ketentraman, saling mencinta dan berkasih-sayang. Keluarga seperti ini akan senantiasa menjaga kebersihan hati dan keluhuran budi, saling memahami, cerdas, penuh inovasi dengan tetap tunduk dan patuh pada seluruh ketentuan Tuhan Pencipta Manusia. Di dalam keluarga berkeemasan (golden family) akan tercetak manusia bermartabat, berharga diri yang tinggi, berketangguhan dan unggul dalam setiap langkahnya. Keluarga yang mencetak manusia emas.
Negara Indonesia yang kini berpenduduk lebih dari 230 juta jiwa* adalah kumpulan dari keluarga yang jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 40 juta keluarga, menempati lebih dari 12.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bila keluarga berisi manusia-manusia “emas”, maka keluarga yang dibangunnya pun akan menjadi keluarga berkeemasan dan Negara Indonesia pun akan menjadi Negara yang berkeemasan.(*BPS 2010). Dengan dasar pemikiran inilah, saya menggagas berdirinya suatu organisasi perkumpulan keluarga (Famil Community) yang bernama IGF (Indonesian Golden Family). IGF akan menyatukan seluruh keluarga Indonesia yang memiliki satu cita-cita yakni Keluarga Indonesia yang memasuki peradaban keemasan. Dalam melakukan misinya, IGF memiliki satu panduan program pembinanaan keluarga yang bernama “The Power of Golden Family”.
The Power of Golden Family adalah panduan pembinaan keluarga yang berisikan tentang pentingnya membangun keluarga berkeemasan dengan memahami tata cara pengelolaan keluarga, merangcang perencanaan keluarga dan membangun ketangguhan anggota keluarga, dengan menerapkan 5 elemen inti keluarga sukses dalam keluarganya_Nurani, Prinsip Ilahi, Cita-cita Surgawi, Ketangguhan Insani dan Sinergi-Kolaborasi. Biar mudah diingat, ke 5 elemen inti saya visualisasikan dalam Model Rumah GF yang bernama : The AGH Model atau The A Golden Home Model.
Tujuan utama dari panduan ini adalah agar memudahkan untuk mewujudkan keluarga yang memiliki karakter baik (good family character) yaitu keluarga yang tentram dan damai, saling menebarkan cinta dan kasih sayang serta keluarga yang penuh keberkahanNya sehingga mampu “mencetak” anak-anak yang berakhlaq mulia, cerdas pikirannya, bertanggung jawab dan tangguh dalam kehidupannya.

Ini adalah potongan pengantar dalam buku kita, buku yang saya dedikasikan untuk keluarga hebat Indonesia. Cita-cita kita bersama,...
Salam GF
dr.AmirZuhdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar